Ford Ecosport Community - Indonesia
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.

Rotasi Ban

2 posters

Go down

Rotasi Ban Empty Rotasi Ban

Post by vinividivq 2nd September 2014, 09:54

Pasti sering dengar penjual mobil dengan menyebut ‘ban serep belum pernah dipakai' dong. Ada dua kemungkinan nih. Pertama, memang jumlah kilometernya masih sangat sedikit, dan kedua, pemiliknya malas untuk merotasi ban. Lho memang harus dirotasi ya?

Betul. Ban harus dilakukan rotasi. Hal ini supaya tingkat keausan sama untuk semua ban. Baik yang sudah terpasang sejak beli, maupun serepnya.

Coba bayangkan jika ban serep tidak pernah dipakai. Berarti kondisinya tidak akan pernah bisa diketahui.

"Nah, suatu saat akan dipakai, ban tersebut sangat berpotensi menimbulkan masalah. Kasus paling ringan yakni kurang angin serta dinding ban yang melekuk bagi mobil dengan ban serep bawah," sebut Akiang dari Bumi Ban di kawasan Cileungsi, Jabar.

Berikut beberapa ketentuan mengenai rotasi ban. Jika masih ada yang bilang ‘ban serep saja belum turun', berarti pemilik mobil tersebut tidak pernah membuka manual book.



1. Tuh buktinya. Pada buku panduan kepemilikan mobil juga sudah diatur mengenai rotasi ban tersebut. Lakukan rotasi setiap 10 ribu kilometer. Maksudnya, supaya tingkat keausan dari ban merata.

Pada buku juga sudah lengkap, baik yang mengatur tentang 5 roda maupun 4 roda. Petunjuk 4 roda biasa digunakan pada mobil dengan ban serep yang dimensinya tidak sama seperti ban terpasang



2. Pada buku Suzuki Karimun Wagon R, tertera dengan jelas kalau ban dan roda diperiksa kembali hanya pada 1.000 kilometer pertama. Sedangkan pada kelipatan 10 ribu, ban di rotasi serta roda diperiksa.

Begitu pentingnya rotasi ban, sampai dibuatkan dua lembar berbeda. Jika tiba-tiba ada ban pecah atau ban serep yang usang, jangan langsung menyalahkan pabrikan ban, tapi telaah dulu apakah sudah pernah melakukan rotasi ban



3. Tingkat keausan ban sangat penting perannya terhadap grip yang daya cengram ban tersebut terhadap aspal. Dengan melakukan rotasi, selain ban lebih awet juga membuat semua ban sama aus.

"Sehingga, daya cengkeram ban terhadap aspal sama disetiap ban," jelas Akiang. Tidak ada yang kehilanggan grip atau justru terlalu grip. Ini bisa menimbulkan masalah handling.

Pada mobil yang bannya memiliki arah (directional) atau tulisan outside dan inside, harus benar-benar diperhatikan. Jangan sampai salah pasang karena sangat berbahaya. Pertukarannya hanya bisa depan-belakang saja. Tidak bisa menyilang

4. Jangan lupa untuk memasang ban serep di salah satu poros. Jika baru turun pertama, berarti ada di bagian kanan depan. Pada mobil dengan ban serep bawah, biasanya kotor. Bersihkan dari segala debu dan partikel kecil lainnya sebelum dipasang.

Untuk mobil dengan ban serep yang ada di bagasi atau kabin belakang, biasanya lebih bersih, tapi terlalu berminyak dan lengket. Tetap harus dibersihkan sebelum dipasang

5. Jika sudah melakukan rotasi secara merata, sesuaikan lagi tekanan angin ban. Untuk mengetahuinya, bisa membaca pada stiker yang biasanya ditempel pada pilar pintu.

Jangan terlalu kencang karena pengendaraan jadi tidak enak. Jangan pula terlalu kurang karena mobil jadi berat, boros bahan bakar serta merusak ban itu sendiri . (mobil.otomotifnet.com)


Sharing info....... Salah satu informasi mengenai ban yg kt pakai berkendaraan.

KODE BAN MOBIL
☞ Contoh : 205/65/R1594H
↳ 205 ⇨ Lebar BAN
↳ 65 ⇨ Tinggi BAN
↳ R ⇨ Type Radial
↳ 15 ⇨ Ukuran/Ring
↳ 94 ⇨ Max Beban
↳ H ⇨ Max 210km/h
↳ S ⇨ Max 180km/h
↳ T ⇨ Max 190 km/h
↳ U ⇨ Max 200km/h
↳ V ⇨ Max 240km/h
↳ Z ⇨ >240km/h
↳ W ⇨ 270km/h
↳ Y ⇨ 300km/h
Setiap BAN ada 4 angka tercatat disisi BAN
↣ Contoh : 2214
Menunjukkan keluaran BAN baru dari pabrik pada minggu ke 22 tahun 2014
Setiap BAN, mempunyai tempo / masa penggunaan ideal 5 tahun dari tanggal dikeluarkan dari PABRIK.

Jika...
Membeli B̲A̲N̲ ̲B̲A̲R̲U̲ pastikan tahun terkini....
Jika...
Membeli BAN dengan kode tahun yang sudah lewat, maka kita berhak untuk minta Disc dari harga List sesuai dengan ketentuan.

Contoh :
2013 Potongan Disc 20%
2012 Potongan Disc 40%
2011 Potongan Disc 60%
2010 Potongan Disc 80%

Usia BAN (BARU) bila sudah lebih dari 5 tahun, maka kondisi karet ban sudah keras karena sudah masuk kategori expired.
Dan sangat disarankan jangan dipakai, bisa membahayakan jiwa Anda.

vinividivq

Posts : 4
Reputation : 0
Join date : 02.09.14

Kembali Ke Atas Go down

Rotasi Ban Empty Re: Rotasi Ban

Post by Xelix 3rd September 2014, 19:09

Nambahin skema

Rotasi Ban 2hnmj4g

Berarti Eco pakai yg skema F ya, Bener kan?
Xelix
Xelix

Posts : 11
Reputation : 0
Join date : 13.08.14
Location : Karawang

Kembali Ke Atas Go down

Rotasi Ban Empty Re: Rotasi Ban

Post by vinividivq 5th September 2014, 00:36

thanks bro xelix

vinividivq

Posts : 4
Reputation : 0
Join date : 02.09.14

Kembali Ke Atas Go down

Rotasi Ban Empty Re: Rotasi Ban

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik